Cara Diet Alkaline

Dalam menurunkan berat badan, mungkin sudah banyak program diet yang ampuh dalam menurunkan berat badan. Berikut ini ada  salah satu program diet yang sudah cukup terkenal yaitu cara diet alkaline. Mungkin sebagian orang sudah ada yang tahu dengan program diet tersebut, dibawah ini kita akan membahas diet alkaline secara detail.

Cara diet alkaline (1)

Walaupun namanya mirip dengan salah satu produk baterai tapi ini merupakan salah satu program diet dalam menyeimbangkan makanan yang mengandung sifat basa dan juga asam. Diet alkaline biasanya disebut dengan pH diet ataupun acid-alkaline diet. Jika diteorikan sebenarnya diet alkaline adalah kita memerlukan makanan yang sifatnya basa, karena didalam tubuh kita sudah bersifat asam jadi sering sekali tubuh menjadi sasaran dalam berbagai penyakit.

Pada diet alkaline ini anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bersifat basa dengan ukuran porsi 80 persen dan sisanya untuk makanan yang bersifat asam yaitu 20 persen. Cara kerja pada program diet ini yaitu menyeimbangkan pH yang ada didalam tubuh secara optimal lalu  membangun jaringan yang ada ditubuh dan juga selnya, agar tubuh anda menjadi sehat. Selain itu diet alkaline juga dapat mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh atau yang biasa disebut proses detoksifikasi, sehingga sel tubuh anda dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat yang didapatkan jika anda menjalankan program diet alkaline adalah dapat menurunkan berat badan, membantu dalam sisitem pencernaan, dapat menambah sumber energi anda dan juga dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh anda. Namun dalam melakukan program diet ini anda jangan terlalu berlebihan, karena tubuh juga membutuhkan makanan dengan sifat asam seperti lemak, tetapi juga jangan terlalu berlebihan.

Berikut ini jenis-jenis makanan yang dapat anda konsumsi jika anda menjalankan program diet alkaline:

  • Makanan yang sifatnya asam
    Buah zaitun, kentang, jagung, lentil, minyak nabati, lemak hewan, biji gandum, beras, oat, susu, margarin, mentega, keju, gula, saus salad, cuka masak, pemanis buatan, daging ayam, sapi, domba, lobster dan tiram.
  • Makanan yang sifatnya basa
    Wortel, terung, tomat, brokoli, kembang kol, bayam, asparagus, bawang putih, kelapa, mentimun, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk lemon, apel, pisang, alpukat, melon, anggur, blackberry, kacang almond, minyak zaitun, teh hijau, minyak biji rami, rempah-rempah, sirup maple dan cuka apel.

Cara diet alkaline (2)