Cara Diet Ala Nabi Muhammad SAW dengan Puasa Sunnah Senin Kamis

Nabi Muhammad SAW adalah teladan dan panutan semua umat Islam di seluruh dunia. Akhlaknya adalah AL-Qur’an. Nabi Muhammad SAW merupakan kekasih Allah yang penuh dengan kesempurnaan dalam sikap, perilaku, pikiran dan hatinya. Baik dalam cara ibadah, cara bersikap terhadap orang tua, tetangga, saudara, maupun kepada musuh semuanya sangat baik dan menggetarkan hati. Beliau adalah teladan sepanjang masa yang patut ditiru. Salah satu yang perlu kita tiru adalah pola hidup sehat dan sederhana yang Nabi Muhammad saw ajarkan, seperti berpuasa. Puasa dapat membuat tubuh sehat dan menjadikan metabolisme tubuh menjadi baik. Puasa juga merupakan ibadah kepada Allah secara langsung. Jadi, selain untuk beribadan kepada Allah, fadillah puasa yang utama adalah dapat membuat tubuh sehat dan menjaga berat badan. Nah berikut ini adalah Cara Diet Ala Nabi Muhammad dengan Puasa Sunnah Senin Kamis! Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Diet Ala Nabi Muhammad SAW dengan Puasa Sunnah Senin Kamis

Manfaat dan hikmah dari puasa Senin Kamis amatlah besar. Baik dari aspek kesehatan tubuh maupun mental dan spiritual yang dialami oleh pelakukanya. Karena itulah, orang orang yang gemar menjalankan puasa Senin Kamis bisa memaksimalkan serta menyeimbangkan antara tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), serta kecerdasan spiritual (SQ).

Diet Ala Nabi Muhammad Berikut adalah penjabaran dari manfaat puasa senin – kamis.

  1. Membantu peremajaan sel-sel kulit

Sel-sel kulit manusia yang sudah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Nah puasa senin kamis berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa. Hal itu menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja bisa lebih aktif lagi.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Racun atau toksin yang bercampur dalam lemak dan darah berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Dan untuk mengeluarkan racun tersebut bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun kamu bisa berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

  1. Mengistirahatkan organ pencernaan

Organ – organ tubuh manusia, seperti organ pencernaan manusia perlu diistirahatkan dan perlu dikosongkan. Pengistirahatan tersebut bisa didapatkan melalui puasa senin – kamis. Sehingga setelah istirahat tersebut, organ – organ tubuh kamu bisa melakukan kinerjanya lebih baik lagi.

Nah jika tadi adalah fadillah dari Puasa Senin Kamis, berikut ini adalah tips hidup sehat yang mengadopsi dari gaya hidup sehat dan sederhana ala Rasulullah:

  1. Bersikap selektif terhadap makanan

Rasulullah SAW sangat memperhatikan makanan yang memenuhi syarat halal dan thayyib (baik). Halal berkaitan dengan urusan akhirat, yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya, sedangkan thayyib berkaitan dengan urusan duniawi, seperti baik tidaknya atau bergizi tidaknya makanan yang dikonsumsi.

  1. Konsisten dan selektif pada minuman dan cara meminumnya.

Rasulullah SAW sangat menyukai madu yang dicampur dengan air.

  1. Makan dengan tenang, tumaninah (konsentrasi & tertib)

Rasulullah SAW tidak tergesa-gesa dalam makan dan dalam tempo sedang.

  1. Cepat tidur dan cepat bangun.

Beliau tidak pernah tidur melebihi kebutuhan, namun tidak pula menahan diri untuk tidur sekadar yang dibutuhkan.

  1. Tidurlah dengan cara yang benar.

Rasulullah tidur menghadap kiblat dan menghadap ke arah kanan yang dinilai bagus untuk pencernaan.

  1. Konsisten melakukan shaum sunnah.

Beberapa shaum sunnah yang beliau anjurkan diantaranya adalah shaum Senin Kamis, ayyamul bith, shaum Daud, shaum enam hari di bulan Syawal, dsb. Secara ilmiah, shaum juga terbukti sangat bermanfaat.

  1. Selain tips fisik di atas, Rasulullah SAW juga sangat mantap dalam ibadah ritualnya, khususnya sholat, sehingga beliau pun memiliki keterampilan yang tinggi dalam mengelola emosi, pikiran dan hati. Penelitian-penelitian terkini dalam bidang kesehatan membuktikan bahwa kemampuan dalam mengelola hati, pikiran dan perasaan, serta ketersambungan yang intens dengan Allah SWT akan menentukan kualitas kesehatan seseorang, jasmani maupun rohani.

Wah, menakjubkan sekali ya pola hidup Rasulllah beserta fadillahnya itu. Jika kita bisa meneladani perilaku beliau, maka insha Allah tubuh kita akan sehat dan berat badan pun akan terjaga. Selamat mencoba ya!