Cara Cepat dan Efektif Menurunkan Berat Badan Dengan Fitness

Cara cepat dan efektif menurunkan berat badan dengan fitnessFitness merupakan olah raga yang bertujuan untuk membakar lemak dengan difokuskan pada pembentukan otot tubuh dan juga bagian tubuh lainnya yang diinginkan. Pengertian ini merupakan pengertian secara umum. Olah raga fitnes ini sangat bagus karena jika dilakukan rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya dapat membentuk otot dan juga menurunkan berat saja, ternyata jika fitnes dilakukan rutin setiap hari tubuh akan menjadi sehat dan selalu bugar. Nah ini dia cara cepat dan efektif menurunkan berat badan dengan fitness. Yuk baca selengkapnya di ulasan berikut ini!

Cara cepat dan efektif menurunkan berat badan dengan fitness

Belum banyak orang yang tahu mengenai olahraga fitness. Karena fitness dianggap sebagai olahraga mahal dengan peralatan gym yang serba canggih. Fitness juga diangga sebagai olahraga tingkat atas karena hanya bisa dilakukan oleh orang orang yang emmiliki keanggotaan di tempat gym, namun hal itu tidak sepenuhnya benar.

Perlu kamu ketahui bahwa ada dua jenis fitnes yaitu latihan kardio dan latihan beban. Nah kedua jenis fitnes ini akan dibahas secara detail pada artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!

#1. Pertama yaitu latihan kardio
Banyak orang yang mengartikan latihan kardio ini adalah latihan untuk menurunkan berat badan. Hal ini memang benar, salah satu manfaat latihan kardio adalah untuk menurunkan berat badan. Namun, sebenarnya pengertian fitnes untuk latihan kardio sendiri adalah latihan untuk jantung. Pengertian latihan kardio ini diambil dari kata kardio yang berarti jantung. Latihan kardio dapat dilakukan dengan cara renang, aerobik, jogging dan bersepeda. Latihan kardio ini dapat dilakukan juga dengan bantuan alat fitnes seperti treadmill, sepeda statis dan alat-alat fitnes lainnya.

#2. Jenis fitness yang kedua adalah latihan beban.
Fitnes untuk latihan beban yaitu latihan fitnes yang menggunakan beban. Latihan beban dalam fitnes menggunakan alat bantu berupa penggunaan beban. Nah dengan penggunaan beban ini, maka akan membuat otot tubuh menjadi terbentuk.

Ada tiga jenis latihan beban berdasarkan beban yang digunakan yaitu beban alat, beban bebas, dan beban tubuh.

  • Latihan beban yang pertama yaitu latihan beban dengan menggunakan alat. Latihan beban ini menggunakan bantuan alat elektronik atau mekanik yang dihubungkan dengan pemberat. Biasanya pemberat dalam bentuk alat fitnes. Penggunaan alat ini akan mempermudah pengguna untuk melakukan latihan beban.
  • Latihan beban yang kedua berdasarkan jenis bebannya yaitu beban bebas. Latihan beban ini menggunakan beban bebas dan tidak terikat dengan alat elektronik atau mekanik. Alat beban bebas ini adalah dumbell dan juga barbel. Berat dumbell dan barbel yang digunakan harus disesuaikan dengan kesehatan pengguna dan juga latihan yang dilakukan.
  • Latihan beban yang terakhir berdasarkan beban yang digunakan adalah beban tubuh. Latihan beban ini tidak menggunakan bantuan alat atau dumbell dan barbel yang digunakan adalah tubuh sendiri. Penggunaan beban tubuh ini dapat secara keseluruhan ataupun sebagian saja. Pengertian fitnes physical beban yang dijelaskan di atas adalah berdasarkan beban yang digunakan. Sedangkan jenis latihan beban berdasarkan otot yang akan dibentuk juga ada tiga yaitu otot punggung, otot dada, dan otot perut.

Latihan beban untuk membentuk otot dada dapat dilakukan dengan menggunakan beban tubuh sendiri, seperti latihan bench press dan latihan push up. Untuk latihan beban yang akan membentuk otot punggung dapat melakukan latihan pull up, bench row, chin up dan deadlift. Sedangkan untuk membentuk otot perut, dapat menggunakan latihan beban berupa crunch dan sit up. Pengertian fitnes dan jenis-jenisnya ini dapat membantu kamu ketika akan memulai latihan fitnes untuk menjaga kesehatan tubuhkamu.

Nah demikianlah ulasan seputar Cara cepat dan efektif menurunkan berat badan dengan fitness. Jika kamu tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat gym. Kamu bisa lho latihan sendiri di rumah dengan membeli peralatannya. Namun memang fitness akan lebih baik jika dipandu oleh trainer yang sudah berpengalaman. Agar kamu tidak mengalami cedera pada tubuh. Kamu juga bisa mencoba menggunakan personal trainer agar latihan tubuhmu menjadi teratur dan disiplin.