Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Caesar

Cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara CaesarMelahirkan merupakan anugerah yang telah diberikan Tuhan kepada makhluk bernama wanita. Setiap wanita pasti mengalami proses melahirkan dalam hidupnya. Itulah yang membedakan dan mengistimewakan dari kaum perempuan. Namun, tidak semua lho perempuan atau seorang iu bisa melahirkan secara normal tanpa bantuan operasi. Misalnya dalam beberapa kasus persalinan, keadaan atau letak bayi yang terbalik, bokong ibu yang terlalu kecil atau kondisi ibu yang tidak kuat untuk melahirkan. Dan cara lain untuk mengeluarkan bayi dari rahim adalah dengan jalan operasi Caesar. Memang ada beberapa dampak kurang baik dari operasi Caesar, misalnya bekas jahitan yang membekaskan rasa sakit dalam waktu yang lama, dan meningkatnya berat badan. Tapi jangan khawatir berikut ini adalah cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara Caesar yang bisa ibu lakukan! Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara Caesar

Untuk program diet yang perlu ibu lakukan adalah memfokuskan bagian tubuh yang berlemak. Nah, yang paling di prioritaskan ialah bagian pinggang, perut, pundak dan juga betis yang cukup rawan terjadi penimbunan lemak. Barangkali bagi ibu yang melahirkan melalui persalinan normal, tidak terlalu mempermasalahkan cara untuk mengecilkan perut. Namun bagi wanita yang menjalani persalinan melalui operasi caesar bisa jadi diet ini cukup berat untuk dilakukan.  Sebab hal ini sangat membutuhkan perhatian yang khusus setelah melakukan operasi caesar yang sudah tentu dapat bendampak bagi kondisi fisik ataupun kondisi mental.

Berikut adalah tips tips diet efektif yang bisa dilakukan selepas operasi Caesar:

#1. Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan latihan untuk diet
Untuk ibu yang akan melakukan latihan untuk mengecilkan perut setelah operasi caesar dapat melalui beberapa latihan terutama latihan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu. Pada umumnya untuk wanita yang habis menjalankan operasi caesar akan membutuhkan waktu enam minggu untuk meredakan nyeri dan pemulihan sayatan. Alangkah baiknya jika ibu mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk mengurangi resiko latihan pasca operasi sesar.

#2. Melatih postur yang baik dengan cara duduk tengak kemudian menarik napas dalam dalam
Postur tubuh yang tidak baik dapat ibu nilai dari cara duduk ibu selama ini. Contohnya cara duduk yang sering kali merosot dari sofa menandakan bahwa ibu masih belum bisa melakukan cara membentuk postur yang baik. Ahli kebugaran menyarankan bagi ibuuntuk duduk dengan posisi tegak yang akan membantu ibu merampingkan bagian perut ibu setelah melahirkan apalagi ibu telah melalui operasi caesar.

#3. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tapi tidak berlebihan
Untuk ibu yang ingin menurunkan berat badan dan merampingkan perut setelah persalinan Caesar, perhatikanlah asupan makanan ibu. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi dan perhatikan pola makan anda. Hindari nafsu makan anda dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, minuman bersoda dan  kandungan gula yang berlebihan yang akan memperburuk berat badan ibu, apalagi makanan makananan siap saji yang mengandung banyak kalori. Ibu juga disarankan untuk membiasakan pola makan dengan porsi kecil tetapi sering. Pola makan tersebut dapat membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi air susu bagi bayi dan juga menjaga berat badan anda setelah persalinan caesar.

#4. Menjaga gaya hidup sehat
Setelah melahirkan dengan operasi caesar, anda akan merasakan kekhawatiran pada gerakan yang akan dilakukan, salah satunya kekhawatiran yang akan memperburuk kondisi sayatan. Hal ini memang jauh lebih sulit apalagi mengurangi lemak perut, selain mendisiplinkan kebiasaan anda dalam menjaga pola makan, ibu  dalam melakukan latihan latihan setelah melahirkan yang aman seperti jalan kaki di pagi hari atau senam nifas. Ibu juga harus bersabar dalam menjaga gaya hidup yang sehat, mungkin anda mengalami kesulitan pada awal awalnya akan tetapi sebaiknya ibu bersabar dan tenang sehingga dapat menyesuaikan dengan gaya hidup yang sehat dan fokus dengan tujuan untuk mengecilkan perut.

Nah demikianlah 4 tips diet sehat untuk menurunkan berat badan yang serta merta dapat merampingkan perut ibu setelah operasi Caesar. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat ya!