Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Tanpa Diet Ketat dan Olahraga

Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Tanpa Diet Ketat dan OlahragaDi negara negara maju, salah satunya negara Amerika Serikat, obesitas merupakan faktor penyebab penyakit jantung, stroke, kanker, dan berbagai penyakit berat lainnya. Hal itu dikarenakan gaya hidup penduduk Amerika Serikat yang akrab dengan gaya hidup tidak sehat. Seperti gemar mengkonsumsi junk food, alkhohol, dan makanan maupun minuman yang berkalori tinggi. Berbeda halnya seperti negara Jepang yang dikenal dengan penduduknya yang sehat dan memiliki umur yang panjang. Hal itu dikarenakan gaya hidup sehat yang mereka terapkan. Tidak hanya itu, mereka juga menjaga pola makan dan makan makanan yang segar dan sehat. Nah inti dari diet yang sebenarnya adalah untuk meraih hidup yang sehat. Jadi alangkah baiknya, jika kamu ingin melakukan diet pilihlah cara diet yang sehat. Seperti ulasan berikut mengenai Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Tanpa Diet Ketat dan Olahraga yang mengadaptasi dari pola hidup penduduk Jepang! Yuk simak ulasannya!

Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu Tanpa Diet Ketat dan Olahraga

#1. Makanan Jepang diolah dengan cara direbus atau dikukus
Daripada menggoreng makanan, wanita Jepang lebih suka mengukus, menumis, merebus, atau memanggang di atas wajan bergelombang. Keunggulannya, zat-zat nutrisi dalam bahan makanannya tidak rusak. Selain itu,  makanan Jepang tidak banyak memakai bumbu, krim, atau saus. Resep utama orang Jepang terhadap makanan adalah lebih menekankan keindahan alami dan warna, serta membiarkan rasa asli makanan keluar. Tidak hanya itu, makanan yang diolah dengan cara digoreng akan rusak sebagian nutrisinya.

#2. Menu harian orang Jepang merupakan menu yang sehat
Tahukah kamu bahwa menu makanan harian orang Jepang terdiri dari ikan, kedelai, nasi, sayur, dan buah. Menu santapan klasik ala Jepang biasanya terdiri dari ikan panggang, semangkuk nasi, sayur, seporsi sup miso, buah potong sebagai penutup, dan secangkir teh hijau hangat. Tingkat konsumsi ikan dan kedelai di Jepang sangat tinggi. Mereka juga tergila-gila pada sayuran segar. Nah makanan favorit mereka adalah brokoli, tauge, kol, dan rumput laut yang bergizi tinggi. Orang Jepang juga jarang mengkonsumsi daging lho! Namun bila dijadikan lauk utama pun, daging dipotong tipis- tipis dan disajikan secukupnya saja. Karena itu hidangan Jepang lebih rendah lemak (terutama lemak jenuh) dan lebih tinggi lemak baik, seperti lemak omega-3 dari ikan.

#3. Wanita Jepang makan dalam porsi kecil.
Sudah menjadi tradisi bahwa orang Jepang dibiasakan makan dalam porsi kecil. Di sana ada peribahasa:‘Hara hachi bunme’, yang artinya ‘makanlah sampai 80% kenyang saja.’ Mereka juga makan perlahan-lahan, tidak terburu-buru, karena setiap suap harus dinikmati. Setiap hidangan pun disajikan dalam piring atau mangkuk kecil. Selain bisa mengurangi besarnya porsi makan, cara ini juga memperindah tampilan hidangan. Tradisi makan dengan piring kecil juga mungkin tidak asing lagi bagi kamu yang sudah sering melihat gaya makan mereka di film-film Jepang.

#4. Biasakanlah Untuk Tidak Makan Sebelum Tidur
Jika kamu adalah tipe orang yang suka merasa lapar di malam hari maka sekarang juga hindari kebiasaan itu. Hentikan pergi ke dapur lalu mengorek isi kulkas ketika kamu merasa lapar di malam hari. Sebaiknya santap buah dan sayur ketika kamu merasa lapar. Atau kamu juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan pada saat makan malam, karena kacang dapat membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama dan membutuhkan proses pencernaan yang lama.

#5. Orang Jepang Gemar Minum Teh Hijau
Manfaat teh hijau untuk meluruhkan lemak sangatlah bagus. Ketika kamu khilaf makan gorengan, maka cepatlah minum teh hijau. Sebab teh hijau bisa menghancurkan lemak lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Tidak heran jika di restoran-restoran masakan Jepang selalu disediakan green tea sebagai minumannya. Sebab di Jepang, kebiasaan minum the hijau sudah menjadi tradisi yang mendarah daging.

Nah itu dia beberapa cara diet sehat yang diadaptasi dari cara pola makan sehat orang Jepang. Cara diet ini tentunya aman untuk kesehatan kamu. Bagaimana kamu tertarik untuk mencobanya?