Benarkah Cara Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 2 Minggu Itu Aman?

Benarkah cara menurunkan berat badan 5kg dalam 2 minggu itu amanDi era yang serba maju dan canggih ini, terdapat berbagai macam cara diet. Tidak hanya itu target diet dan waktunya pun beragam, tergantung keinginan dan kondisi si pelaku diet. Dari semua cara diet, yang utama adalah menerapkan pola hidup sehat. Baik utu dari segi makanan sehat dan olahraga untuk mengencangkan otot tubuh dan membakar lemak.  Lalu Benarkah cara menurunkan berat badan 5kg dalam 2 minggu itu aman? Nah baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Benarkah cara menurunkan berat badan 5kg dalam 2 minggu itu aman?

Menurunkan berat badan sebanyak 5kg dalam 2 minggu masih terbilang aman. Selama kamu menjalani diet itu dengan baik tanpa menyiksa diri. Dalam artian, kamu tetap mengasup tubuh kamu dengan makanan bernutrisi dan bergizi sehingga tubuh bisa melakukan aktivitas dengan baik. Nah berikut ini adalah tips tips diet yang aman dan bisa kamu lakukan:

#1. Menyimpan makanan sehat
Simpanlah buah-buahan serta sayur kemudian letakkan di tempat yang mudah dijangkau, seperti di kulkas dapurmu. Kamu juga bisa menyimpan camilan sehat seperti biskuit gandu utuh, oatmeal, buah berry, dan lainnya. Maka ketika kamu lapar, bukan junk food atau jajanan berlemak yang akan kamu lahap, melainkan makanan sehat yang telah kamu simpan sebelumnya.

#2. Makan sambil duduk
Makan sambil duduk tak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Tahukah kamu bahwa orang yang makan sambil duduk akan makan lebih lambat dan menjadi lebih cepat kenyang? Sebab makan dengan posisi berdiri akan membuat kamu terburu-buru dan tak menyadari porsi makanan yang dikonsumsi.

#3. Cukupi cairan tubuh dengan minum air putih
Minumlah air mineral yang membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Coba minum segelas air sebelum makan dan Anda akan lebih cepat kenyang. Dan jauhi pula ya minuman kaleng atau minuman kemasan karena minuman tersebut mengandung kalori kosong yang akan membuat tubuh kamu cepat gemuk.

#4. Membatasi Asupan Karbohidrat dan Gula

Batasi konsumsi nasi putih dan gula kamu ya selama menjaanka diet. Ada baiknya kamu makan nasi perah atau kentang sebagai pengganti nasi putih. Selain itu dengan mengurangi karbohidrat dan gula, kamu juga bisa menjauhkan diri dari risiko ginjal lho!

#5. Mengonsumsi Sayuran, Protein dan Lemak Baik

Dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran, asupan protein dan lemak baik bisa membantu menurunkan berat badan kamu sebanyak 10 kilogram dalam 1 minggu. Tubuh kita membutuhkan sekitar 20-50 gram protein setiap harinya. Hal inilah yang bisa membuat metabolisme di dalam tubuh lebih lancar dan akan membantu pembakaran lemak. Kamu bisa mendapatkan protein dari berbagai jenis makanan sehat seperti putih telur, udang, ayam, daging, ikan salmon, dan sebagainya.

#6. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Saat kamu tidur, tubuh tidak membutuhkan energi sebanyak siang hari. Makanlah setidaknya 3 jam sebelum tidur, sehingga tubuh lebih nyaman ketika akan terlelap. Makan besar beberapa saat sebelum tidur hanya akan membuat perut tak nyaman dan menumpuk kalori lebih banyak.

#7. Buat Menu Makanan Sendiri

Jika kamu makan junk food maka tubuh kamu akan berisiko diasup dengan makanan berkalori tinggu. Jangan malas masakan sendiri, kalau perlu sediakan waktu kamu untuk memasak sebelum berangkat kerja. Kamu bisa membuat oatmeal yang kaya akan serat atau membawa bekal yang sehat untuk makan di kantor. Wanita yang memasak makanan sendiri terbukti jauh lebih ramping lho daripada wanita yang jajan di luar.

#8. Lahap camilan buah ketika lapar
Jika kamu orang yang doyan ngemil maka pilihlah camilan yang menyehatkan seperti buah-buahan, seperti pisang, apel, ataupun papaya. Jangan konsumsi camilan seperti keripik kentang atau kue-kue manis.

#9. Berolahraga Secara Rutin

Imbangi dietmu dnegan aktivitas fisik berupa olahraga. Sebab olahraga dapat memperbaiki metabolisme, mengencangkan otot-otot tubuh, dan membakar lemak serta kalori yang menumpuk. Dengan begitu olahraga dapat membantu menurunkan berat badan kamu sceara alami.

Demikianlah tips tips diet sehat untuk menurunkan berat badan yang aman untuk tubuh tanpa efek samping. Bagiamana kamu tertarik untuk mencobanya bukan?