Apa Rahasia Untuk Tubuh Langsing Ideal?

rahasia untuk tubuh langsing idealTubuh yang langsing dan ideal merupakan idaman hampir sebagian besar wanita. Karena bagi wanita penampilan adalah hal yang sangat utama. Tapi wanita seringkali sulit mengendalikan keinginannya untuk mencoba dan memakan makanan apa saja. Tidak hanya itu, dengan tingkat kesibukan yang tinggi, maka semakin lama olahraga pun semakin dilupakan. Jika sudah begini, mimpi untuk punya tubuh langsing pun hanya tinggal mimpi. Eits, tapi ingatlah, tubuh langsing bukan semata mata untuk penampilan saja, tapi juga untuk kesehatan. Jika kamu ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Maka ada baiknya lakukan cara diet yang sehat. Lalu apa rahasia untuk tubuh langsing ideal dan sehat? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Apa Rahasia Untuk Tubuh Langsing Ideal?

Menurut informasi yang dilansir dari lamanĀ duniafitnes.com, berikut ini adalah 5 rahasia untuk mendapatkan tubuh langsing ideal dan sehat:

  1. Buatlah Catatan Diet

Anda harus mencatat semua progres dari diet yang Anda lakukan. Mulai dari mengukur lemak tubuh dan berat badan, merekam semua porsi makanan yang Anda konsumsi untuk mengetahui strategi diet dan latihan mana yang berhasil dan yang tidak bagi tubuh Anda. Setiap orang memiliki metabolisme tubuh, kebutuhan nutrisi dan jenis latihan yang berbeda untuk membentuk tubuh yang ideal. Strategi diet orang lain mungkin tidak akan berhasil bagi Anda.

2. Konsumsi Serat yang Dapat Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Serat adalah jenis karbohidrat yang tubuh tidak dapat memecahnya menjadi glukosa untuk digunakan menjadi energi. Ada dua jenis serat yaitu larut dan tidak larut, keduanya bermanfaat dalam cara yang berbeda. Serat larut menarik air untuk membentuk sebuah gel yang memperlambat pencernaan dan menunda perut Anda menjadi kosong, hal tersebut membuat Anda kenyang lebih lama.Serat larut juga dapat merangsang gerakan usus yang teratur sehingga berkontribusi terhadap fungsi pencernaan yang sehat.

Selain itu, serat larut dapat menurunkan kolesterol dalam darah dengan mengganggu penyerapan kolesterol makanan dan membantu untuk menghapusnya dari tubuh. Makanan yang kaya akan serat larut antara lain brokoli, asparagus, kubis, kembang kol, seledri, selada, bayam, kacang hijau, biji-bijian, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

3. Cobalah Lakukan Olahraga Seperti Latihan Beban

Lebih banyak otot yang Anda punya dalam tubuh Anda, metabolisme Anda akan menjadi lebih aktif. Jadi, bila tubuh memiliki otot yang lebih banyak, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori, meskipun hanya duduk-duduk saja!

Salah satuĀ cara untuk membangun lebih banyak otot adalah menggabungkan latihan angkat beban ke dalam latihan Anda. Menekankan tubuh Anda dengan latihan angkat beban, akan membuat otot-otot Anda menyadari bahwa mereka harus lebih besar dan kuat. Selain itu, untuk menumbuhkan dan mempertahankan massa otot dibutuhkan banyak energi pada tubuh Anda.

Tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak kalori karena tumbuh lebih banyak otot, tetapi Anda juga dapat memperhitungkan energi (kalori) yang Anda keluarkan saat Anda sedang bekerja dan energi otot yang Anda gunakan untuk memperbaiki diri setelah Anda selesai latihan.

4. Kombinasikan Makanan Agar Kebutuhan Nutrisi Tubuh Terpenuhi

Aturan yang sederhana adalah pastikan Anda mengonsumsi protein dalam makanan Anda. Kombinasikan karbohidrat dengan protein untuk menciptakan lonjakan insulin pasca latihan. Pasca latihan tersebut adalah waktu ketika tubuh menggunakan karbohidrat dan protein ini untuk efek anabolik (membangun otot).

Anda juga dapat menggabungkan lemak dengan protein untuk menyediakan energi dengan respon insulin yang jauh lebih kecil. Karena Anda tidak memasok tubuh dengan karbohidrat, tubuh Anda akan mengubah lemak sebagai sumber energi utama. Selain itu, lemak dapat memperlambat pencernaan protein untuk pelepasan asam amino yang lebih berkelanjutan.

5. Jangan Melakukan Latihan Kardio Secara Berlebihan ya

Jika Anda sudah terbiasa dengan berlari selama berjam-jam, Anda harus menguranginya. Satu-satunya cara untuk mengembalikan metabolisme Anda kembali seperti semula adalah untuk memberi tubuh Anda lebih banyak makanan dan mengurangi latihan kardio. Setelah metabolisme Anda di cek, Anda dapat mengatur makanan Anda untuk membantu menurunkan berat badan dan menerapkan jadwal latihan yang efektif untuk menambah otot tubuh Anda.

Demikianlah 5 rahasia untuk mendapatkan tubuh langsing ideal dan sehat. Semoga bermanfaat ya!