12 Cara Mengatasi Obesitas Secara Alami

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, berkembang pula jenis jenis penyakit baru dan meningkatnya angka penyakit yang sudah dikenal lama. Tentu permasalahan gaya hidup yang modern menjadi salah satu penyebab besar kenapa tingkat penyakit di berbagai negara (baik negara maju dan berkembang) mengalami peningkatan pesat. Salah satu permasalahan kesehatan yang dapat mengundang berbagai risiko penyakit berbahaya atau mematikan adalah maslaah berat badan berlebih. Atau dalam tingkat yang lebih parah disebut obesitas. Karena itulah masalah berat badan berlebih atau obesitas perlu pencegahan dini agar tidak terjadi atau penanganan yang segera agar tidak bertambah parah. Nah berikut ini adalah 12 cara mengatasi obesitas secara alami. Mari simak ulasannya!

12 Cara mengatasi obesitas secara alami

  1. Biasakanlah sarapan sehat seperti sarapan gandum atau sereal gandum

Biji-bijian seperti beras merah, barley, gandum, soba, dan gandum juga termasuk dalam strategi penurunan berat badan. Mereka membantu mengisi perut Anda dengan sedikit kalori dan dapat memperbaiki profil kolesterol Anda.

  1. Cukupi kebutuhan istirahat dan jangan begadang

Tambahkan satu jam pada waktu tidur Anda di malam hari. Menurut peneliti diUniversity of Michigan peneliti itu bisa mengurangi kalori tubuh Anda sekitar 2.500 kalori per hari. Skenarionya, dengan tidur lebih cepat dan lebih lama, bisa menggantikan kegiatan “menganggur” yang biasa Anda gunakan untuk ngemil . Tidur juga dapat mengurangi nafsu makan dan membuat Anda jarang lapar.

  1. Mengatur Waktu Makan Anda

Atur waktu makan selama 20 menit. Menjadi pemakan yang lambat merupakan salah satu kebiasaan baik untuk melangsingkan tubuh tanpa rencana diet yang rumit.Nikmati setiap gigitan yang Anda miliki. Melahap makanan terburu-buru dapat mengirimkan sinyal ke otak untuk makan berlebihan.

  1. Konsumsi sup yang mengandung banyakn nutrisi dan gizi dari sayur-sayuran

Tambahkan sup kaldu pada makan siang Anda untuk mengurangi asupan kalori.Sup juga baik dikonsumsi sebelum makan besar untuk mengekang nafsu makan Anda.

5. Batasi atau kurangi gula dalam konsumsi makanan dan minuman anda

Ganti satu jenis minuman manis harian dengan minuman sehat. Misalnya, jika Anda biasa mengkonsumsi cola setiap hari, gantilah dengan air putih yang ditambahkan lemon, mint, atau stroberi beku untuk rasa yang menyenangkan.

6. Gantilah teh Anda dengan teh hijau

Minum teh hijau juga dapat menjadi strategi penurunan berat badan yang baik.Beberapa studi menunjukkan bahwa hal itu dapat mendongkrak mesin pembakaran kalori tubuh sementara, mungkin melalui aksi phytochemical yang disebut catechin.Paling tidak, Anda akan mendapatkan minuman menyegarkan tanpa ton kalori.

cara mengatasi obesitas secara alami

7. Perbanyak konsumsi sayuran dalam menu diet sehat anda

Sajikan tiga jenis sayuran di menu makan malam Anda. Lebih banyak makan sayur adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Serat yang tinggi dan kadar air memenuhi Anda dengan sedikit kalori. Masaklah sayuran tanpa menambahkan lemak.

  1. Lakukan yoga untuk relaksasi pikiran, badan, dan jiwa
    Menurut sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association, wanita yang melakukan yoga cenderung memiliki berat tubuh yang kecil dibanding yang tidak. Bagaimana mungkin? Orang yang melakukan yoga melaporkan, merasa lebih “sadar” untuk tidak makan terlalu banyak. Mereka cenderung melihat makanan hanya untuk bisa merasa kenyang. Para peneliti berpikir kesadaran dan ketenangan diri ini dikembangkan melalui yoga (membantu orang menolak makan berlebihan).
  2. Membuat Jeda Makan
    Misalnya dengan mengobrol atau melakukan kegiatan ringan lainnya di meja makan. Perhatikanlah, saat jeda ini biasanya orang tidak melakukan “gigitan”.
  3. Kurangi porsi makan anda dan makanlah lebih sering
    Pilih piring yang lebih kecil 2 inci pada piring makan siang Anda. Dengan begitu, Anda akan makan lebih sedikit. Mengecilkan piring atau mangkuk juga dapat memotong 100-200 kalori per hari (10-20 kilogram setahun).
  4. Hindari Daging dang anti dengan daging rendah lemak

Makan makanan vegetarian lebih sering adalah baik untuk melangsingkan tubuh. Vegetarian cenderung memiliki berat badan yang kurang dari pemakan daging.

  1. Mengunyah Permen Karet Mint
    Kunyahnya permen karet dengan rasa mint yang kuat ketika Anda berada pada posisi lapar.

Demikianlah 12 tips untuk menangani masalah berat badan berlebih. Semoga bermanfaat ya!