10 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Permanen

10 tips menurunkan berat badan secara permanenTubuh yang langsing, ideal, dan sehat memang menjadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Dan untuk mendapatkannya memang tidak semudah yang kamu bayangkan, pun tidak sesulit yang kamu duga. Bisa dibilang, untuk diet menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Kamu pun harus tetap menjaga berat badanmu di batas ideal setelah berat badanmu berhasil turun. Lalu bagaimana caranya? Ini dia 10 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Permanen! Yuk baca selengkapnya di ulasan berikut ini!

10 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Permanen

#1. Bulatkan Tekad Untuk Diet
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membulatkan tekad untuk diet langsing dan sehat. Tentunya dengan komitmen yang sudah kamu buat, kamu harus tetap konsisten dan patuh menjalani aturan-aturan diet. Dan jangan menganggap bahwa tubuhmu sudah kurus, lantas kamu mengacuhkan makanan makanan sehat dan makan sembarangan tanpa memperhatikan nutrisi dan gizinya. Konsisten terhadap diet dengan kata lain kamu harus konsisten terhadap pola hidup sehat dan pola makan sehat.

#2. Teruslah bergerak dan Lakukan Hidup Yang Aktif
Cobalah untuk mulai mengubah pola hidup kamu menjadi hidup yang lebih aktif. Speerti lebih memilih menggunakan tangga kapan pun kamu bisa dibandingkan naik lift. Cari peluang untuk membakar ekstra kalori. Ajaklah temanmu untuk kegiatan yang lebih aktif seperti menari, hiking, atau jalan-jalan santai di taman agar kamu lebih bersemangat. Jika pergi kerja dengan bersepeda atau beraktivitas ke mana saja merupakan suatu pilihan maka lakukanlah. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, kamu bisa hidup sehat dan hidup hemat, ramah lingkungan.

#3. Jadwalkan Makan Dengan Waktu Sering dan Porsi Sedikit
Pada sebuah studi penelitian mengatakan bahwa makan dengan sering (asalkan kamu makan dengan tepat) dapat membantu penurunan berat badan juga. Dengan begitu kamu akan jarang merasa lapar, dan tentunya kamu akan makan dengan porsi lebih sedikit. Hal ini tentu bisa membantu menurunkan berat badanmu dan menjaganya di batas ideal.

#4. Sering-seringlah Memotivasi DIrimu Sendiri Agar Tidak Bosan
Kamu harus rajin rajin memotivasi dirimu sendiri untuk diet, misalnya dengan menuliskan berapa target yang kamu idamkan, atau memasang foto artis idolamu yang tubuhnya langsing seperti yang kamu impikan. Hal itu tentunya dapat memotivasi dirimu agar tidak malas melakukan diet.

#5. Jangan Lewatkan Sarapan
Jangan abaikan dan anggap remeh sarapan! Studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi sarapan, secara umum, berat badannya kurang daripada mereka yang tidak. Dan mereka dapat mempertahankan berat badannya. Tentunya dengan memilih sarapan yang sehat.

#6. Jangan Lupakan Juga Makan Malam
Kebanyakan pelaku diet menganggap bahwa makan malam bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Jangan salah paham, makan malam tidak akan membuat tubuhmu gemuk asalkan jadwal makan kamu 3 – 4 jam sebelum tidur. Dan makan malammu juga harus makan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur, sedikit porsi nasi merah dan susu rendah lemak. Dengan begitu akan menekan keinginan ngemil pada malam harinya.

#7. Minumlah Air Putih Yang Cukup
Minumlah air putih yang cukup untuk mencegah tubuhmu dari dehidrasi. Untuk menekan nafsu makan yang berlebihan, minumlah 1-2 gelas air putih sebelum makan agar perut kamu merasa kenyang sehingga kamu tidak akan mengambil makanan dengan porsi banyak. Kamu juga bisa makan makanan yang banyak mengandung kuah karena mengandung banyak cairan.

#8. Olahraga Secara Rutin dan Teratur
Lakukanlah olahraga yang rutin dan teratur. Jika kamu termasuk orang yang tidak terbiasa melakukan olahraga. Mulailah untuk melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu agar tubuhmu tidak kaget dan bisa beradaptasi secara perlahan-lahan. Lakukanlah olahraga seperti jogging, berenang, atau lari pagi selama 30 menit setiap hari atau setidaknya 4 kali dalam seminggu.

Nah itulah tips – tips diet yang efektif untuk menurunkan berat badanmu secara permanen. Dan yang terpenting sebenarnya tetaplah melakukan pola hidup sehat sesudah melakukan diet. Tetaplah untuk rutin berolahraga, makan makanan sehat, menjauhi camilan seperti gorengan, keripik, atau kue – kue yang mengandung banyak krim. Hindari juga alkhohol, rokok, dan makanan cepat saji. Selamat mencoba!